menjadi diri sendiri.

Hanya tulisan yang coba meluruskan salah kaprah mengenai “menjadi diri sendiri”, dan tentu saja ini adalah pemikiran pribadi.

Dimanakah salah kaprah yang terjadi? Ada anggapan kalau menjadi diri sendiri adalah menjadi sangat original dan tidak meniru. Ada juga kalimat seperti ini, “Jadi diri sendiri, jangan ikut2an orang lain”. Itulah salah kaprah yang harus diluruskan.

Kalau mau meluruskan salah kaprah, hal yang harus dilakukan adalah memperjelas definisi. Di sini harus diperjelas definisi dari “menjadi diri sendiri”. Menurut saya, dari berbagai ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan, menjadi diri sendiri adalah menemukan hal yang sesuai dan nyaman untuk dilakukan oleh kita.

Jadi, dengan definisi seperti itu, tindakan meniru orang lain bisa dikatakan menjadi diri sendiri juga.  Selama kegiatan meniru itu nyaman dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang positif.  Atau bisa juga tindakan meniru itu adalah proses dalam mencari cara yang ternyaman dan paling sesuai dalam melakukan sesuatu, jadi menurut saya meniru tidak sama dengan tidak menjadi diri sendiri. Bisa jadi kan, jati diri seseorang adalah seorang peniru, dia cocok menjadi aktor atau menjadi pemain pantomim.

Tetapi tidak berarti semua tindakan meniru dibenarkan. Kalau dilakukan dengan alasan yang jelek dengan hasil yang jelek. Meniru adalah perwujudan permalasan berkreasi.

Jangan lupa juga kalau meniru adalah tindakan natural yang dilakukan untuk membentuk kepribadian kita. Meniru itu memang perlu, dan sudah biasa.

Kita hanya perlu cerdas, cerdas dalam menyikapi peniruan yang kita lakukan. Lakukanlah dalam usaha untuk membentuk jati diri kita, menjadi diri sendiri, menjadi seorang yang nyaman akan perilaku dan tindakan yang dilakukan dirinya.

Jadi cukup itu saja dulu pembenaran salah kaprahnya. Singkat tapi semoga bisa membuka mata kita dalam menjadi diri sendiri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s