Menulis apa yang ingin ditulis

Kemarin-kemarin sempat malas menulis, padahal saya ingin menulis minimal sekali dalam dua hari, atau lebih bagus lagi kalau bisa setiap hari. Mungkin karena saya terlalu melihat statistik yang ngeview blog ini, jadi timbul keinginan untuk menulis sesuatu yang dilihat orang, sesuatu yang bisa dibilang komersil. Padahal dari awal, saya ingin blog ini sebatas curahan pikiran saya saja, tanpa peduli mau dibaca orang atau tidak.

Saya tidak munafik, saya ingin juga blog ini menjadi terkenal, banyak dilihat, sehingga bisa menjadi sumber pendapatan juga. Tetapi hal itu malah membuat tulisan yang akan dibuat menjadi tidak murni, menjadi banyak pertimbangan yang tidak perlu. Seperti, jadi mencari tahu kira2 yang menarik dan ingin dibaca orang yang seperti apa, dan apa perlu saya mulai menulis dalam bahasa inggris, dsb. Pdahal mungkin saya tidak ingin dan tidak bisa untuk menuliskannya.

Jadi saya ingin kembali ke tujuan semula lagi, menulis dengan bebas, bebas dari pikiran saya, dan tidak peduli mau blognya jadi laku atau tidak. Kalau masalah dibaca orang lain, saya sih ingin, tapi lebih baik lagi kalau tujuan saya semula dalam menulis di blog ini, yaitu untuk mencurahkan pikiran, membangkitkan produktivitas, dan merangsang kreativitas, yang tercapai.

Memang idealnya bila saya menulis dengan sekeinginan saya, tetapi juga laku, banyak dibaca orang, dan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan. Itu idealnya, dan saya sih ingin saja seperti itu, siapa sih yang tidak ingin? Ya semoga suatu saat bisa tercapai, tetapi untuk saat ini, saya tetap pada tujuan semula yang tadi itu.

Jadi marilah mulai menulis lagi, menulis apa yang ingin ditulis. Karena dampak dari mulai menulis ini cukup terasa juga sehari2nya. Seperti misalnya sehari2 saya mulai sering: bertanya ke diri sendiri mau nulis apa lagi, melihat sesuatu secara lebih kritis dan menganggapnya sebagai sumber yang potensial untuk dituangkan ke tulisan, dsb. Menulis itu memang punya dampak positif.

Semoga ini tidak musiman, maksudnya tidak sesaat. Sekarang semangat, tapi satu dua minggu lagi mulai terbengkalai. Amit-amit lah, ayo kita produktif, ayo jadi kreatif, jangan mikirin si blog ini berapa viewnya dulu. Cheers.

Leave a Reply

