menjadi berbeda.

Ini adalah topik yang sudah lama ingin saya tulis, menjadi berbeda. Entah kenapa keberbedaan dengan orang lain seakan menjadi inti dari hidupku sekarang, meskipun tidak selalu bisa berbeda. Menjadi berbeda itu harus dalam artian positif dan dibutuhkan kreativitas, dan itu cukup sulit. Saya sendiri tidak begitu kreatif dan kadang saya mengambil langkah mudah, yaitu dengan melakukan hal yang sebaliknya dari yang dilakukan/dipikirkan orang. Memang itu berbeda, tetapi kurang kreatif. Saya harus lebih pintar melihat dari sudut pandang yang lain daripada sekadar melihat kebalikannya, meskipun kadang memang harus melihat dari kebalikannya, 180 derajat.

Menjadi berbeda itu tidak mudah, dan cenderung berat. Karena salah satu cara manusia belajar adalah dengan meniru sesamanya, selain itu kita harus melawan arus yang terdapat di lingkungan kita yang mengarahkan kita untuk melakukan hal yang sama atau mirip dengan anggota lain dalam lingkungan tersebut. Selain itu, menilik dari pengalaman masa lalu, menjadi berbeda adalah kiamat. Misalnya ketika semua orang menyukai seorang penyanyi dan membicarakannya di kelas, sementara kita tidak tahu tentang penyanyi itu dan mulai diejek dan dikucilkan. Saat itu kita menjadi orang aneh yang teralienasi.

Seiring waktu, kita mulai ingin berbeda dari yang lain, kita memandang keberbedaan kita menjadi suatu hal yang dapat dibanggakan, tetapi kadang kalau keberbedaan ini mulai menjadi terlalu jauh, kita kembali dibilang aneh dan menjadi berbeda kembali menjadi hal yang berat. Lalu ketika menjadi berbeda dipandang aneh oleh orang2 di sekitar kita, bagaimana cara agar kita dapat terus menjadi berbeda tanpa merasa berat atau terkucil?

Tentunya dengan cara menjadi bangga dengan perbedaan itu. Sementara pikiran kita terus disetir oleh stereotype atau norma2 yang terdapat dalam masyarakat, kita harus terus menggali keberhargaan dari perbedaan yang kita miliki/lakukan, dengan melihat sesuatu yang berharga tersebut, kita dapat menjadi bangga dengan keberbedaan kita.

Selain bangga, hal selanjutnya adalah memiliki tujuan, “Mengapa kita berbeda?” Lalu kuatkanlah tujuan itu, jalankanlah dengan kebanggaan. Maju teruss!!

Kita harus ingat, orang2 yang berbeda tetapi terus pada keyakinannya mencapai tujuannya dan akhirnya berhasil itu sangat2 keren. Atau kita sendiri mungkin pernah merasakan ketika kita berbeda dengan orang lain tapi hasilnya bagus? Maaannn… it feels so damn fucking gooood….

Tetapi seperti kita sebutkan tadi, menjalankan tujuan tersebut akan berat, karena tekanan dari lingkungan sekitar itu ganas, ada flow energi yang harus kita lawan. Belum lagi ketika orang terdekat, atau orang yang kita cintai menentang perbedaan itu, atau secara prinsip sangat berbeda dengan kita. Hal-hal ini dapat membuat kita ragu, “jangan2 kita beda itu salah?” “jangan2 mereka yang benar?” Karenanya fondasi keberbedaan kita harus kuat sehingga kita bisa maju terus.

Salah satu kualitas yang harus dimiliki orang yang berbeda adalah ceria. Bercerialah! Tersenyum dan lanjutkan hidupmu yang berbeda itu dengan ceria dan bergembira! Jangan jadi suram.

Ayo majulah dan buatlah perbedaan wahai orang2 yang unik, yang berbeda, jangan mau kita disetir oleh lingkungan sekitar kita, menjadi seperti domba gembala yang digiring begitu saja. Hidup perbedaan!!

~refleksi buat diri saya sendiri yang saat ini tengah berjuang memperjuangkan keberbedaannya~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s