mengenai media.

Pagi2 udah ngepost, aneh juga, mood memang kadang misterius.

Kali ini, sesuai judul saya mau ngomongin tentang media, mohon maaf buat para pekerja media, karena ini isinya mau membahas kejelekan kalian, maka saya cuma mau ngomongin yang jelek2 tentang kalian, dan saya ga menampik juga kalau kalian punya sisi positif. Tapi karena ini seperti hujatan, mohon berbesar hati, karena emang segala sesuatu punya dua sisi, baik dan buruk. Dan saya lebih ahli bahas yang jelek2.

Saya benci kenapa media kebanyakan seperti menjadi penyebar berita buruk, sebetulnya ini menakutkan, hampir tiap hari headline yang saya lihat adalah berita jelek/buruk/menyedihkan. Apa memang berita buruk lebih menarik untuk disampaikan? Apa kalian mengincar oplah karena berita buruk lebih menyita perhatian? Ataukah betul dunia ini seperti yang digambarkan media? Penuh keburukan dan kesedihan?

Saya takut, kalau dunia yang semula biasa-biasa saja, tapi karena media selalu memberitakan yang buruk2 lebih banyak dari yang baik, maka masyarakat akan menganggap dunia ini buruk dan mulai bertingkah buruk. Berita kriminal membuat mereka parno, kenapa bukan waspada? Karena mulanya memang waspada, tapi mereka melihat tiap hari terus terjadi, maka dari semula waspada mulai bergerak ke parno.

Okelah pemerintah memang kurang baik kerjanya, tapi jangan2 itu karena media. Kebaikan pemerintah tergilas oleh keburukannya yang terlalu banyak dan selalu disajikan media. Persepsi masyarakat yang negatif akan membuat suasana menjadi tidak kondusif, apabila masyarakat sudah menganggap pemerintah negatif, selamanya mungkin akan negatif, masyarakat menjadi tidak percaya dengan pemerintah. Ketidakpercayaan masyarakat memutus sinergi yang seharusnya terjadi antara masyarakat dan pemerintah, sinergi ini diperlukan untuk memajukan negeri, tapi media telah membuat gap yang membuat seakan masyarakat bermusuhan dengan pemerintah.

Mengenai headline dan isi berita. Kalaupun beritanya buruk, cobalah gali fakta2 positif dan tampilkan itu, kalau bisa jadikan headline. Saya cukup banyak juga menemukan headline2 yang sebetulnya isinya berita buruk tapi headlinenya tidak mencekam.

Saya yang tidak tahu apa2 ini cuma ingin beropini kalau kekuatan media di zaman informasi ini sebegitu besarnya, peran media sudah tidak bisa dipungkiri akan jauh lebih kuat dalam membentuk karakter masyarakat (para ahli tolong amini saya), makanya saya ingin media membentuk karakter yang positif untuk masyarakat, menyatukan masyarakat, untuk tujuan yang positif dan kemajuan masyarakat itu sendiri. Masyarakat kita rapuh, saya yakin kalian bisa menjadikannya kuat. Tolong, media.

Leave a Reply

