mencaci maki penerbit/toko buku

Sebelum mencaci maki penerbitnya, saya mau mengesampingkan selera membaca orang Indonesia dulu, jadi mungkin si penerbit juga sudah melihat pasar dan menerbitkan buku sesuai pasar, sesuai selera orang kebanyakan.

Tapi bukannya justru karena itu? Saya gemas melihat kehomogenitasan dan keragaman yang sedikit dari tema novel yang diterbitkan di toko2 buku. Semuanya adalah tema2 yang mirip dengan yang laku dijual, sangat jarang ada novel2 yang temanya berbeda atau unik, mungkin tidak laku? Tetapi tema yang sedikit ini membuat saya sedih.

Di toko buku besar, novel hanya tersedia di sebuah bilik kecil di suatu sudut di toko, mungkin kalau orang awam liat, mereka sudah menganggap kalau judulnya banyak, banyak pilihan, tapi sesungguhnya saya yakin kalau judul novel yang diterbitkan tiap harinya itu membeludak di luar sana dan yang diterbitkan disini sangat sedikit dan itu2 saja temanya, sedih.

Bahkan ketika di toko itu ada diskon buku2 import yang kebanyakan adalah novel berbahasa inggris, saya berani bilang kalau jumlah judul yang ada di diskon itu lebih banyak daripada jumlah judul novel yang dijual di toko.

Apakah mereka kekurangan penerjemah? Menurut saya tidak, apakah mereka takut tidak laku? nah ini dia. Tapi sepertinya mereka itu bodoh juga, banyak judul yang sepertinya bagus dan menarik di luar sana tidak diterbitkan di sini.

Ambil contoh komik, ini penerbit sepertinya wasted sekali, banyak judul seru yang lebih patut untuk diterbitkan tapi melihat judul2 baru yang diterbitkan membuat saya mengernyitkan dahi. Banyak judul2 yang baru saya dengar, melihat dari gambarnya juga sepertinya artworknya standar, lalu kenapa diterbitkan? Apakah judul yang terkenal itu mahal perijinannya? Tapi lebih baik menerbitkan satu judul terkenal daripada sepuluh judul yang aneh2.

Ini cuma karena saya kesal saja sih kalau ke toko buku, rasanya tidak terlalu banyak judul2 baru yang diterbitkan setiap bulan, kalaupun ada, temanya begitu2 saja dan terasa kurang menarik, juga buat komik, ngapain sih nerbitin judul2 aneh? Masih banyak judul bermutu yang lebih mending untuk diterbitkan.

Ayo dong surveinya lebih baik lagi, terbitin yang bener2 bagus, jangan cuma liat pasar. Ya biar bagaimanapun saya tidak tau proses yang terjadi dalam suatu penerbitan buku, tapi apa pelanggan mau tau? Tentu tidak, mereka hanya ingin datang ke toko buku dan membeli judul2 keren dengan kualitas yang bagus, itu saja.

Leave a Reply

