10 Greatest Mangaka (1)

Sebelum langsung pada list 10 greatest mangaka, saya akan membahas terlebih dahulu 5 mangaka yang sudah masuk dalam kategori legend. Karena rasanya aneh menyandingkan para legend ini dengan mangaka lainnya, seperti membandingkan pramoedya ananta toer dengan raditya dika, keduanya hebat tetapi ya tau sendiri lah.

Sudah ada lima orang yang saya anggap legend, yaitu Fujiko F Fujio, Akira Toriyama, Yoshito Usui, Takeshi Maekawa dan Tetsuya Chiba. Yup jadi kenapa mereka masuk kategori legend? Saya akan membahasnya satu per satu di bawah. Setelah pembahasan mereka, barulah 10 greatest mangaka versi saya akan dijabarkan, pada bagian (1) ini yaitu: Takehiko Inoue, Eiichiro Oda, Tite Kubo, Yoshihiro Togashi, Fukuchi Tsubasa, lalu berlanjut pada bagian (2) ada: Shintaro Kago, Takeshi Obata&Tsugumi Ohba, Naoki Urasawa, Masashi Ueda, Toru Fujisawa, ditambah dengan mangaka2 yang termasuk kategori “dibuang sayang”.


Fujiko F Fujio.

fujikofujiko museum

Doraemon, P-Man, Ninja Hattori, dll. Walaupun manga2nya memiliki pola cerita yang mirip tetapi pola ini sangat klasik. Seorang anak sd yang menyelesaikan masalah sehari-hari dengan kekuatan super nan ajaib. Bentuk yang lebih kreatif dan variatif dari jin lampu aladdin. Kemudian saya bilang klasik karena anda tidak akan bosan membacanya dari masa ke masa, seiring anda menjadi dewasa malah akan tergali makna-makna yang lebih dalam dari ceritanya yang sepintas sederhana. Penokohan karakternya sederhana tetapi kuat dan realistis, cobalah tengok ke sd-sd terdekat maka anda akan menemukan nobita, giant, suneo, shizuka dan dekisugi di sana. Artworknya juga tipe yang akan disukai semua orang, siapa sangka robot kucing aneh berwarna biru yang tidak memiliki telingan menjadi sangat terkenal dan banyak penggemarnya di seluruh dunia?

Akira Toriyama.

akira       dbmutenroshi

Dengan Dr. Slump, Dragon Ball, dll. Artwork unik yang sangat khas dan menawan, yang secara aneh walaupun adegannya serius dan sadis (penggal kepala, perut bolong, darah dimana-mana) tetapi tidak ada perasaan risih sedikitpun, semua terlihat normal bahkan terkadang bikin ketawa. Terutama dalam manga Dragon Ball, Bezita tanpa ragu menceraiberaikan tubuh manusia cangkokan, Pikoro yang dengan tangannya menembus dada orang dengan mudah, Bhu yang membunuh hampir semua populasi manusia (gila masif sekali), semuanya dikemas dengan baik tanpa menimbulkan kesan negatif, kesan yang didapat hanya: Keren. Itulah bagaimana jeniusnya toriyama.
Kemudian dari kemampuan membuat cerita, cerita dragon ball bisa dibilang menjadi semacam panduan umum manga-manga shonen. Namun menurut saya bukan itu kelebihan utamanya, tetapi humor dengan selera yang unik seperti di dr.slump, chapter2 awal dan chapter2 akhir dragon ball. Jayus, jorok, absurd, tetapi segar dan sangat menarik. Penokohan karakter-karakternya juga sangat baik, kata-kata bezita yang ini tidak akan pernah saya lupakan: “Bangsa Saiya adalah bangsa petarung, jangan kau anggap remeh!”

Yoshito Usui.

usui   crayonshinchan

Crayon Shinchan! Karakter Shinnosuke nohara atau shinchan adalah masterpiece, bisa dapat wangsit darimana yoshito sensei menciptakan tokoh seorang anak kecil cabul? Selain shinchan penokohan karakter-karakter pendukungnya seperti misae, hiroshi, masao, nana, dll juga sangat kuat dan mendukung cerita. Artwork yang sederhana dengan tarikan tegas yang tanpa ragu dan ekspresi emosi yang digambarkan dengan sangat baik juga adalah masterpiece. Dalam bercerita, yoshito usui cukup berani dalam menampilkan tema-tema dalam masyarakat secara apa adanya tetapi masih dikemas dengan cerita jenaka yang dibumbui absurditas-absurditas yang unik tapi pas.

Takeshi Maekawa.

takeshi maekawa     beraksilah-sebelum-berpikir

Kungfu Boy, Break Shot, Striker, dll. Fantasi yang liar dan tidak tanggung-tanggung adalah ciri khas utamanya. Masih ingat dengan jurus-jurus fenomenal, yang tidak masuk akal tetapi termaafkan, di manga-manganya? Seperti jurus tongkat berpilin, swastika arit iblis, shotgun shot paul, blackhole shot, tendangan bazoka, dsb. Namun yang paling legend adalah jurus kungfu peremuk tulang, saya bahkan sampai mencoba berlatih jurus itu dengan intensif. Artworknya sederhana tetapi mampu menggambarkan gerakan yang dinamis dengan baik. Selain itu, artworknya ramah dan enak di mata, tidak capek membacanya bervolume-volume.

Tetsuya Chiba.

tetsuya-chiba    1064118-gf

Sewaktu saya smp, saya datang ke rumah seorang teman dan di rumahnya ada komik boy action II atau judul aslinya adalah ashita no joe. Saya baru pertama kali membacanya dan langsung “tersihir”, lembar demi lembar saya baca dan di akhir buku saya langsung ingin membaca lanjutannya, padahal itu bukan jilid 1. Sayang sekali memang saya melewatkan manga itu, kalau sekarang elex mau menerbitkan ulang maka saya tidak akan ragu untuk mengoleksinya. Di internet pun sudah jarang saya bisa menemukan mangascannya, hanya sampai beberapa chapter saja. Meskipun saya belum membacanya dari awal sampai akhir, manga ini sangat keren, terutama cerita dan karakterisasinya. Manga ini pun memiliki impact yang sangat besar di Jepang. Jadi biarpun belum membaca satu pun karyanya secara lengkap saya tetap berani menjadikan Tetsuya Chiba sensei sebagai legend hanya karena begitu cepatnya saya tersihir oleh karyanya.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kemanakah Osamu Tezuka si bapak manga, atau Katsuhiro Otomo mangaka Akira? Ah sudahlah.

Oke, kemudian inilah sepuluh mangaka terbaik menurut saya (tidak dalam urutan):

1. Takehiko Inoue.

121129121230-takehiko-inoue-4-horizontal-gallery

Slamdunk, Vagabond. Artworknya yang luar biasa lah yang menjadi pertimbangan saya. Misalnya di Vagabond, gaya realis yang diusungnya dipadu dengan keindahan ala lukisan menghasilkan artwork yang super artistik. Hebatnya lagi, artwork tersebut bukan sekadar mengindahkan panel-panel manga tetapi mendukung dalam menghadirkan nuansa dan suasana yang pas bagi ceritanya. Sementara di manga slamdunk, walaupun tidak seindah vagabond tetapi keseruan dan nuansa “panas” dalam sebuah pertandingan dapat disuguhkan dengan sangat baik. Beliau juga cukup piawai dalam membuat cerita dan penokohan karakternya, hal ini bisa dilihat di manga Slamdunk dimana tokoh utamanya seorang Hanamichi Sakuragi yang asalnya berandalan akhirnya bisa menjadi seorang pemain basket yang jago (menurut saya sih jago) dikisahkan dengan kocak tetapi tetap seru dengan dibumbui gejolak masa smu dan kisah cinta yang tidak lebai. Dalam manga Vagabond karakterisasinya sangat hebat, Inoue sensei berhasil menghidupkan karakter2 dalam novel Eiji Yoshikawa ini dengan versinya sendiri dan menurut saya sangat baik.

Takehiko-Inoue-Slam-Dunk-04

Oke, vagabond masih bagus dan masih layak dinantikan, tetapi bagaimana kalau segera membuat manga baru pak? Hehe, jujur saya menantikan sebuah karya yang mirip Slamdunk lagi dari beliau. Bukan basket lagi tapi, sudah cukup, vagabond kan terlalu “nyeni” dan sangat artistik, saya berharap beliau membuat karya yang seru dan kocak lagi seperti Slamdunk. Real? Menurut saya kurang seru karena terlalu down to earth dan kurang liar, kalau mau membuat yang temanya basket lagi mendingan Inoue sensei membuat sequel slamdunk, bisa jadi basket akan menjadi booming di Jepang! Haha..

2. Eiichiro Oda.

oda

Jujur saja di antara naruto dan bleach, one piece menjadi manga yang sekarang paling tidak saya nantikan. Bahkan saya sudah berhenti membacanya beberapa chapter dan memutuskan untuk merapelnya nanti saja, kalau arc joker/dressrosa sudah selesai. Namun, boleh saya akui ia seorang mangaka yang hebat. Menurut saya, yang menonjol dari karya Oda sensei adalah detail, entah itu pada cerita atau pada artwork. Ia bahkan menambahkan cerita-cerita sampingan karakternya di cover chapter-chapternya. Yang saya lihat ia seperti hendak terus mengeksplorasi dunia one piece, sampai ke hal-hal kecil seperti kemunculan pandaman, merk baju, hubungan para karakter figuran (figuran!), mungkin nanti kalau ia mulai membahas siklus menstruasi para tokoh wanitanya kita tidak akan merasa aneh lagi. Ya.. Tidak heran kalau Oda sensei seorang neurotis atau pengidap obsessif compulsive dissorder. Sedikit hal yang disayangkan buat saya adalah artworknya yang makin detail dan membuat sebuah panel bisa menjadi sangat ramai seperti JKT48 sedang photobox, mungkin terlihat indah tetapi kalau terlalu sering bisa membuat capek membacanya. Volume-volume awal yang masih lebih sederhana, karakternya yang masih lebih bulat dan background yang lebih sederhana tapi unyu-unyu menurut saya sebaiknya dipertahankan. Proporsi tubuh wanitanya juga sedikit mengganggu, boleh saja fan service tapi itu sudah seperti minim variasi, ayolah tidak semua lelaki suka tobrut.

OnePiece     onepiece_oda-int

Hanya saja kalau kembali ke masalah bagaimana Oda sensei mengeksplorasi dunia one piece sampai ke hal-hal detail dan menjadikan dunia One piece terintegrasi dengan sangat baik, memang belum bisa ditandingi oleh mangaka lain.  Inilah yang menjadi poin plus dan menjadikan Oda sensei sebagai salah satu mangaka terbaik saat ini. Kreativitasnya dalam membuat jenis-jenis buah iblis dan berbagai macam jurusnya juga patut diapresiasi, membuat saya ingin membuat daftar 10 jurus terbaik dalam dunia One Piece. Tantangan selanjutnya untuk beliau adalah bagaimana membuat artwork yang lebih bisa menyampaikan cerita dengan baik tanpa harus banyak memuat teks, dan tentunya bagaimana agar tidak capek dibacanya. Hati-hati juga dengan kejenuhan pembaca apabila disuguhkan oleh premis yang sudah umum di dunia manga atau bahkan sudah pernah digunakan sebelumnya, seperti menyelamatkan kerajaan, munculnya tokoh yang dikira sudah mati, dsb.

3. Tite Kubo.

20091003091422!TiteKubo

Original idea dan artwork, dua hal itu yang saya sangat suka dari beliau. Terutama untuk artwork, secara pribadi saya sangat menyukai gaya, komposisi dan konsep dalam manga beliau. Bleach (hanya bleach karya Kubo sensei yang saya tahu) juga memenuhi syarat-syarat shonen manga dengan cukup memuaskan. Karakter utama yang cukup keren, villain yang tak kalah keren (yang tidak suka dengan Ulquiorra dengan jurus cero oscurasnya hanya gay), perubahan karakter utama (bankai dan segala macamnya), senjata dan jurus yang beragam dengan nama yang keren-keren.

bleach

Yang disayangkan dari Bleach adalah tentunya mengenai cerita yang semakin kesana semakin membuat banyak orang muak. Menurut saya titik nadirnya ada di cerita yang terus berlanjut setelah arc arrancar, saya tahu kalau manga di jepang sudah seperti sinetron, kejar tayang dan selama rating bagus akan berlanjut, tetapi andai anda berhenti disana dan membuat karya yang lebih keren anda bisa menjadi seorang mangaka yang makin dipuja. Tapi hanya karena artwork yang sangat saya sukai dan jurus-jurus keren yang masih layak dinanti maka saya masih terus menanti bleach setiap minggu dengan antusias.

4. Yoshihiro Togashi.

Togashi

Yu Yu Hakusho, Hunter x Hunter. Saya masih menganggap adegan pertarungan king ant melawan chairman netero sebagai salah satu adegan pertarungan dalam manga yang terbaik. Ah ini memberi saya inspirasi lagi, nanti saya akan membuat 10 pertarungan dalam manga terbaik. Pertarungan seru dan menegangkan dengan berbagai trik-trik kemampuan khusus memang menjadi salah satu kekuatan utama Togashi sensei, entah itu di yu yu hakusho atau di hunter x hunter. Selain itu, ada hal-hal detail seperti misalnya di Hunter x Hunter ada penjelasan mengenai tipe-tipe nen, peraturan-peraturan game greed island, intrik dan strategi dalam melawan king ant, semua membuat Hunter x Hunter menjadi manga yang berisi dan bisa mengajak pembaca untuk berpikir.

netero king     yuyuhakusho

Artwork Togashi sensei cukup unik karena terkadang ia menggambar dengan detail tetapi terkadang hanya seperti tarikan bolpoin. Artworknya saat detail inilah yang sangat keren, di buku terakhir yu yu hakusho ada kumpulan artworknya dan itu benar-benar keren, di Hunter x Hunter juga kadang seseorang digambar dengan detail menampilkan gurat-gurat di wajah dan otot yang digambar jelas memberikan kesan garang. Ide original dari beliau juga patut diacungi jempol, membuat dunia hunter dan dunia arwah dengan variasi nen dan jurus-jurusnya, simply genius imagination. Karakter-karakternya juga menarik dan ikonik, terutama di Hunter x Hunter, hampir semua karakternya keren dan tidak disia-siakan. Sayang sekali sekarang dia hiatus lama sekali, saya berharap saat dia kembali dia sudah memiliki draft lengkap sampai tamat, karena sepertinya menyebalkan kalau harus menunggu lagi, haha..

5. Fukuchi Tsubasa.

tsubasa0408131

The Law of Ueki, Takkoku. Simple sebenarnya, I Love The Law of Ueki. Unfortunately, setelah The Law of Ueki karya-karyanya untuk saya jadi cenderung kurang menarik, tetapi saya yakin Fukuchi sensei masih menyimpan potensi dan akan bangkit. Saya sangat suka dengan mangaka yang terkadang memasukkan unsur “nyeleneh”, tidak penting, dan tidak terduga-duga dalam karyanya. Inilah yang dilakukan oleh fukuchi tsubasa sensei dalam karya-karyanya, misalnya Ueki yang sedang makan pisang ketika sedang mengecek datanya di komputer lalu dijelaskan kalau pisang tersebut dibelinya secara sengaja karena Ueki merasa akan lama, lalu skill-skill aneh yang tidak ada gunanya dalam cerita, dan walaupun bukan termasuk dalam cerita, tapi side story mengenai paman anjing yang living american dreams juga sangat lucu. Fukuchi sensei juga senang kucing sepertinya, saya juga senang kucing.

ueki1     ueki0017

Seperti yang saya katakan tadi, semakin kesini karyanya jadi kurang menarik untuk saya, karena saya sangat suka dengan gaya Law of Ueki di awal-awal, baik itu artworknya maupun karakterisasinya. Artworknya sederhana dan tarikan garisnya tegas, dibandingkan artworknya sekarang yang lebih “membulat” saya jauh lebih suka artworknya yang dulu. Karakter Ueki juga semakin kesini semakin kurang aneh dan jadi biasa, sedikit mengecewakan. Ah ayolah sensei kembalilah menggambar seperti dulu, kembalilah ke akarmu, percayalah karyamu yang dulu lebih baguss..

 

Bersambung ke bagian 2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s