Surat untuk diriku setahun yang lalu.

IMG_0136

Hai kamu, diriku setahun yang lalu.

Saya sedikit iri denganmu, saat itu kamu begitu bahagia, belum banyak beban. Kamu juga saat itu tidak tahu apa-apa, tidak tahu apa yang akan menanti. Akademis memang akan menjadi semakin berat, tetapi seperti biasa itu bukan masalah ya, haha..

Jadi, hari ini saya menulis surat ini karena tanpa terasa, saya sudah satu tahun menyelami perasaan ini. Malam itu, tepat satu tahun yang lalu, kamu jatuh cinta.

Kamu akan ragu, kamu akan penuh tanya, tetapi sampai saat ini tidak ada sesal untuk mencintainya. Saya memang harus jatuh cinta malam itu. Walaupun sampai saat ini tidak pernah berbalas, tetapi perasaan ini tidak muncul untuk tersia-sia. Untukmu, maupun untuknya. Mungkin itu salah satu yang membuat perasaan itu bertahan, seperti masih ada sesuatu yang belum selesai, suatu makna yang belum ditemukan.

Kamu akan mengalami banyak hal. Hal yang menyakitkan sampai yang membahagiakan. Dari semula berharap, tidak berharap, berharap lagi, sampai bingung mau ngapain.

Kamu akan menjadi orang bodoh yang seolah mengabaikan nasihat orang lain, menafikan kenyataan yang jelas, dan mempertanyakan logika sederhana.

Saya yakin, meskipun andaikata surat ini bisa kamu baca, kamu akan tetap jatuh cinta dengannya, menjalani jalan yang sama denganku. Karena kita adalah kita, si bodoh yang selalu memercayai hati dan perasaan. Pada akhirnya tidak peduli dengan apa yang orang pikirkan.

Jadi nasihatku adalah: kuatlah.

Dan kalau kau bertanya seperti apa keadaan saya sekarang.

Saya seolah sedang berada dalam limbo.

Leave a Reply

